top of page

Instrumen Investasi Apa yang Paling Tepat?

Episode 5 :


Setelah mengerti keuntungan investasi dan konsep compounding effect pada episode1, berbagai jenis investasi pada episode 2, keuntungan berinvestasi di tengah ketidakpastian ekonomi pada episode 3, dan dampak suku bunga terhadap investasi Anda pada episode 4, Anda sudah bisa memilih instrumen investasi apa yang terbaik untuk Anda, terutama diantara Reksa Dana Pasar Uang dan Reksa Dana Saham. Fakta bahwa, dalam Reksa Dana, ada manajer investasi yang menginvestasikan uang Anda, bukan berarti Anda bisa memilih Reksa Dana apapun. Anda juga perlu melakukan sedikit evaluasi dengan cara melihat fund fact sheet dan prospektus Reksa Dana tersebut.


Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan adalah:

  1. Tujuan dan strategi Reksa Dana: Pada bagian ini, Anda bisa mengetahui jenis sebuah Reksa Dana.

  2. Performa: Sebuah fund fact sheet pasti memberikan informasi mengenai performa Reksa Dana tersebut di masa lalu yang biasanya berbentuk return yang dicapai Reksa Dana dalam 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, dan 1 tahun terakhir. Anda bisa melihat konsistensi return Reksa Dana dan membandingkannya dengan sebuah rate acuan, seperti return indeks atau Reksa Dana serupa

  3. Biaya: Reksa Dana memiliki berbagai biaya, seperti biaya manajemen, administratif, dll. Anda harus mengetahui total biaya dari berinvestasi di Reksa Dana tersebut karena hal tersebut akan mempengaruhi return Anda.

  4. Risiko: Walaupun berada pada kelas aset yang sama, Reksa Dana bisa memiliki risiko yang berbeda-beda. Anda harus mempertimbangkan toleransi risiko dan time horizon Anda.

  5. Portfolio: Anda harus mengetahui pada efek apa saja Reksa Dana tersebut berinvestasi karena, jika Anda tidak ingin investasi Anda terlalu beresiko, Anda harus memastikan bahwa Reksa Dana tersebut tidak berinvestasi pada efek yang terlalu beresiko.

  6. Minimum Investasi Awal: Reksa Dana pasti memiliki minimum dana. Pastikan untuk mengeceknya terlebih dahulu. Paramitra Aset Manajemen memiliki 2 produk Reksa Dana yang bisa menjadi salah satu pilihan investasi Anda, yaitu Paramitra Pasar Uang dan Paramitra Dana Ekuitas.

Reksa Dana Paramitra Pasar Uang cocok untuk mereka yang menginginkan stabilitas dan likuiditas. Dengan reksa dana pasar uang Paramitra Aset Manajemen, Anda bisa menikmati return yang kompetitif sambil menjaga dana Anda dan memiliki akses yang mudah jika Anda perlu melakukan likuidasi.


Reksa Dana Paramitra Ekuitas (Saham) cocok untuk investor yang menginginkan pertumbuhan jangka panjang. Reksa dana saham Paramitra Aset Manajemen melakukan diversifikasi ke berbagai saham lewat proses seleksi yang baik dan bertujuan untuk outperform pasar dan memberikan return yang besar dalam jangka waktu yang panjang.

Comments


bottom of page